Beranda | Artikel
Doa Qunut Witir - Hadits 308 - Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)
Rabu, 3 Mei 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 7 Syaban 1438 / 3 Mei 2017. Pada kajian kali ini Ustadz Zainal Abidin menyampaikan pada “Bab Sifat Shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam” yang diambil dari Hadits 308, yaitu tentang “Doa Qunut Witir“.

(Download juga kajian sebelumnya: Hukum Qunut Shubuh Witir (Hadits 307))

[sc:status-syarah-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Bulughul Maram: Doa Qunut Witir (Hadits 308)

Di dalam hadits yang ke-308 dalam kitab bulughul maram, disebutkan bahwa:

عن الْحَسَن بْن عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قال: عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي قُنُوتِ الْوِتْرِ: اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فإِنَّكَ تَقْضِي وَلا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، ولا منجا منك إلا إليك

Rasulullah سhallallahu طalaihi wa sallam telah mengajarkan kepadaku doa qunut witir: “Ya Allah, tunjukilah aku sebagaimana Engkau berikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau berikan keselamatan (kepada selainku), jadikanlah aku waliMu sebagaimana Engkau jadikan (selainku) sebagai wali, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberianMu, lindungilah aku dari kejelekan takdirMu, sesungguhnya Engkau mentakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha suci dan Maha tinggi Engkau, wahai Rabb kami”.

Di dalam hadits ini dan hadits tersebut dibahas dan dijelaskan tentang matan dari doa qunut witir. Bagaimana penjelasannya lengkapnya mengenai doa qunut witir tersebut?

Simak penjelasan selengkapnya dari hadits tentang qunut ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Zainal Abidin, Lc. berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Bulughul Maram: Doa Qunut Witir (Hadits 308)


Ayo share ceramah agama penuh manfaat seri pembahasan shalat yang tentunya tidak bisa diabaikan oleh Muslimin. Share ke Facebook, Twitter, dan Google+ sekarang juga yuk.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26973-doa-qunut-witir-hadits-308-kitab-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-syamsudin-lc/